Finally! Wisuda Batch VI IPB 2017


Alhamdulillah! 22 Maret 2017 saya telah diwisuda dalam prosesi Wisuda Program Sarjana, Magister, dan Doktor Institut Pertanian Bogor tahap 6 tahun akademik 2016-2017. Walaupun dapat dikatakan sedikit terlambat namun saya tetap sangat bersyukur, dengan demikian akhirnya saya sudah sah menyandang gelar Sarjana Pertanian dan menjadi bagian dari alumni Institut Pertanian Bogor. Prosesi wisuda bertempat di tempat “sakral” Graha Widya Wisuda IPB, bukan tanpa alasan karna di gedung inilah pertama kami secara resmi diterima sebagai mahasiswa IPB dan di gedung ini pula lah kami harus melepas status kami sebagai mahasiswa.

Wisudawan Departemen AGH gelombang VI 2016-2017


Jujur entah mengapa rasanya sedih juga ketika saya ‘harus’ pergi dari kampus ini. Kampus yang sudah banyak meninggalkan cerita baik suka dan duka yang tidak akan mungkin bisa diceritakan semua. Di sini saya mendapatkan teman-teman terbaik yang unik dengan karakternya masing-masing. Saya juga mendapatkan banyak pengalaman baru di kampus. Pada kesempatan ini saya tidak akan bercerita tentang kenangan-kenangan itu. Mungkin di kesempatan yang lain saya akan bercerita karena di sini saya ingin bercerita tentang wisuda saja.

Prosesi wisuda sebenarnya sangat sederhana yaitu kurang lebih tali topi wisuda dipindahkan oleh Rektor dan setelahnya bergeser untuk menerima map ijazah dari Dekan Fakultas kemudian menerima medali wisuda dari Ketua Departemen. Namun yang menjadikan acara wisuda lama adalah rangkaian acara yang mengirinya serta jumlah wisudawan yang tentunya tidak sedikit.

Antri dalam barisan sebelum memasuki gedung GWW

Saya menantikan nama saya dipanggil dengan tegang dan deg-degan, sambil dalam hati selalu mengingat prosedurnya, jangan sampai salah, pokoknya jalan dulu ke arah Rektor, menunduk untuk dipindahkan tali toga, jabat tangan, lalu mengucapkan terima kasih. Pindah ke Dekan Fakultas, ambil izajah, berjabat tangan, dan berterima kasih. Selanjutnya menuju ke Ketua Departemen untuk dikalungkan medali, jabat tangan dan tak lupa berterima kasih. Terakhir berjalan ke arah tempat foto. Itulah yang terus saya hapalkan dalam hati hehehe. Terlihat mudah tetapi menjadi hal yang sulit ketika harus melakukannya dihadapan ribuan pasang mata

Akhirnya setelah penantian panjang, nama saya pun akhirnya dipanggil. Mengawali kloter wisudawan dari Program Studi Agronomi dan Hortikultura, Fakultas Pertanian.

“Kridanto Priyo Digdo” (saya mulai berjalan menuju Rektor)
“Lulusan terbaik tingkat program studi”
“Keluarga Hartono”
“Cumlaude”
Pemindahan tali toga oleh Rektor IPB

Sontak seluruh gedung pun langsung bergemuruh. Suara tepuk tangan tertuju pada saya. Saat itu saya sudah berdiri di depan pak Rektor dan begitu tali toga dipindah, Pak Rektor memberikan selamat sambil berjabat tangan. Begitupun ketika ke Dekan Fakultas untuk menerima map ijasah. Inilah momen yang paling saya tunggu selama 4,5 tahun ini. Sampai setelah duduk, saya masih tersenyum sendiri dan sangat bahagia bahwa akhirnya saya pada hari itu secara resmi sudah menyelesaikan pendidikan tinggi saya.

Penyerahan Map Ijazah oleh Dekan Fakultas Pertanian

Setelah wisuda selesai saya segera mencari Ibu saya dan kemudian menuju ke spot Impata “Ikatan Mahasiswa Pelajar dan Alumni Magetan” disana telah menunggu arek-arek Magetan, baik itu kakak kelas, teman seangkatan, maupun adik kelas untuk sekedar memberikan selamat, hadiah, dan foto-foto tentunya. Selanjutnya menuju ke gladiator, tempat anak-anak AGH merayakan kelulusannya bersama-sama.

Foto bersama teman-teman Impata

Foto bersama teman-teman AGH

Saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman yang telah menyempatkan datang di hari yang bersejarah dalam hidup saya. Insya Allah amanah dalam gelar ini akan saya gunakan sebaik-baiknya. Yang jelas kesuksesan saya ini bukanlah kesuksesan saya pribadi melainkan juga atas peran serta orang-orang di sekitar saya. Dan setelah wisuda kita mendapat tugas besar untuk mengamalkan segala ilmu yang telah didapatkan agar dapat berguna di masyarakat. Karna dalam kekuatan yang besar terdapat pula tanggung jawab yang besar. Sekali lagi saua mengucapkan terima kasih untuk semuanya.


Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Finally! Wisuda Batch VI IPB 2017"